Home » agen pendidikan luar negeri » Belajar Sambil Bekerja di Singapura

Belajar Sambil Bekerja di Singapura

Dengan arus informasi yang jauh lebih terbuka dengan adanya internet, banyak orang yang mempunyai berbagai mimpi besar termasuk mimpi untuk belajar di luar negeri. Mereka ingin belajar di luar negeri tidak hanya karena ingin mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang lebih baik melainkan juga karena ingin mendapatkan pengalaman yang baru dan mungkin sama sekali berbeda dengan ketika mereka tinggal di Indonesia. Kondisi iklim, budaya, dan lingkungan yang berbeda jauh akan memberikan pengalaman yang berbeda tersebut meskipun bagi banyak orang, perbedaan ini justru menyiksa mereka. Akan jauh lebih aman jika Anda memilih kuliah di negara dengan iklim multikultural, tetapi masih cukup dekat dengan Indonesia sehingga Anda masih bisa menemukan sedikit kesamaan.

Singapura yang dekat dengan Indonesia memang menjadi primadona pendidikan di luar negeri bagi banyak pelajar Indonesia. Ada banyak alasan yang membuat banyak pelajar Indonesia tertarik untuk meneruskan pendidikan di Singapura. Alasan biaya pendidikan yang lebih murah dan biaya hidup yang cukup terjangkau dibandingkan dengan negara Barat merupakan salah satu alasan kuat yang membuat banyak pelajar menjatuhkan pilihan pada Singapura untuk melanjutkan pendidikan tingginya. Namun, tetap saja biaya pendidikan dan biaya hidup di Singapura boleh dikatakan jauh lebih mahal dari Indonesia apalagi dengan standar gaya hidup Singapura yang termasuk tinggi di Asia.

Anda mungkin ingin melakukan pekerjaan sampingan untuk membantu meringakan beban biaya Anda selama tinggal di Singapura. Akan tetapi, umumnya pelajar internasional yang memegang Student Pass tidak diizinkan untuk bekerja baik untuk pekerjaan berbayar maupun yang tidak berbayar. Anda akan dituntut jika ketahuan melanggar ketentuan ini. Akan tetapi, Anda tetap bisa mendapatkan pengecualian dari peraturan ini. Anda bisa mendapaykan informasi yang lebih detail mengenai pengecualian dalam hal belajar sambil bekerja ini dengan menghubungi Kementerian Tenaga Kerja Singapura atau Ministry of Manpower (MOM). Anda mungkin ingin melakukan pekerjaan sukarela selama berada di Singapura, tetapi pekerjaan sukarela termasuk pekerjaan tidak berbayar yang tidak diizinkan bagi pelajar internasional yang masih memegang Student Pass.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: