Home » Belajar di Singapura » Kemudahan Finansial Untuk Kuliah Di Singapura

Kemudahan Finansial Untuk Kuliah Di Singapura

Kuliah di Singapura? Biayanya?

Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, adalah keinginan dan impian setiap orang yang peduli akan masa depannya. Apalagi, dengan dukungan financial yang cukup, melanjutkan kuliah dapat dengan mudah dilakukan, bahkan bisa hingga menyebrangi samudra, ke benua atau negara lain. Salah satu negara favorit sebagai destinasi melanjutkan pendidikan adalah Singapura. Untuk kuliah di Singapura, biaya yang perlu dikeluarkan rata-rata sebesar S$ 30.000 atau 250 juta rupiah pertahun. Mahal?

Mahal memang jika anda harus menanggung itu semua sendirian. Singapura memiliki beberapa skema yang menambah kemudahan untuk melanjutkan studi di sana. Tentu saja ada andil pemerintah Singapura di dalamnya. Ada tiga kemudahan financial yang bisa anda nikmati untuk kuliah di Singapura. Yang pertama adalah “Tuition Grant”, sebuah subsidi pemerintah, yang secara otomatis diterima oleh mahasiswa universitas negeri di Singapura, sebesar hingga 50 persen. Selain itu ada juga yang disebut dengan “Tuition Free Loan”, sebuah pinjaman bank yang dapat mencover 30  persen biaya studi. Belum cukup? Masih ada “Study Loan” yang akan menutupi kekurangan 20 persen biaya studi. Jika ditotal, 100 persen biaya pendidikan, sudah ditanggung semuanya.

Lalu, bagaimana melunasi semua pinjaman tadi?

Untuk Tuition Grant, anda cukup bekerja di perusahaan mana pun di Singapura selama 3 tahun ikatan dinas. Dan selama 3 tahun itu juga, tidak tertutup kemungkinan untuk bisa naik pangkat. Sedangkan untuk Tuition Free Loan dan Study Loan, anda bisa membayarnya dengan cara mencicil setiap bulan dengan tenor hingga 20 tahun. Besaran cicilan pun tidak terlalu memberatkan, karena bisa dibayarkan minimal S$ 100 setiap bulannya. Dan anda bisa mulai mencicilnya setelah dua tahun bekerja, jadi masih ada waktu untuk menabung untuk membayar hutang pada bank. Satu lagi yang menjanjikan, gaji rata-rata lulusan S1 di Singapura paling kecil sekitar S$2500 per bulan. Jika dari gaji tersebut dipotong biaya hidup bulanan di Singapura, rasanya masih ada celah untuk melunasi hutang pinjaman lebih cepat bukan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: